Pendekatan Belajar Ada 3 Macam
Penjelasan Prof Mu'tie Tentang 3 Macam Pendekatan Belajar:
https://www.youtube.com/watch?v=3XC1j6RRqMg
Tabel Ringkasan Pendekatan Pembelajaran
1. Surface Learning
Aspek | Deskripsi |
---|---|
Fokus Utama | Pembelajaran di permukaan, hanya untuk mengetahui |
Karakteristik | - Pembelajaran dangkal - Berorientasi pada hafalan - Tidak memahami makna |
Proses Belajar | - Menghafal fakta-fakta - Root learning - Tidak ada pemahaman mendalam |
Peran Guru | Memberikan informasi dan fakta |
Peran Murid | Pasif, hanya menerima dan menghafal |
Hasil Belajar | Declarative knowledge (pengetahuan tentang fakta) |
2. Achievement Learning
Aspek | Deskripsi |
---|---|
Fokus Utama | Pencapaian nilai dan ranking |
Karakteristik | - Orientasi pada hasil ujian - Examination driven - Mencari bocoran soal |
Proses Belajar | - Belajar untuk ujian - Mengerjakan soal-soal - Latihan ujian |
Peran Guru | Memberikan soal dan ujian |
Peran Murid | Fokus pada nilai dan ranking |
Hasil Belajar | Kemampuan mengerjakan soal ujian |
3. Deep Learning
Aspek | Deskripsi |
---|---|
Fokus Utama | Pembelajaran bermakna dan mendalam |
Karakteristik | - Mindful learning - Meaningful learning - Joyful learning |
Proses Belajar | - Eksplorasi aktif - Pemahaman makna - Berpikir kritis |
Peran Guru | - Fasilitator - Pembimbing - Menghargai semua murid |
Peran Murid | - Aktif terlibat - Menemukan makna - Mengkonstruksi pengetahuan |
Hasil Belajar | - Ilmu bermanfaat - Kemampuan adaptasi - Pembelajaran berkelanjutan |
Konsep dalam Pendidikan Islam
Konsep | Penjelasan |
---|---|
Alilmu fis sudur | Ilmu tertanam dalam dada, bukan sekedar di buku |
Ilmu Bermanfaat | Ilmu yang dapat digunakan dan memberi manfaat |
Internalisasi | Proses pemahaman mendalam dan pengamalan |
Tradisi Pesantren | Pembelajaran mendalam dengan pemahaman makna |
Contoh Penerapan Deep Learning
- Matematika & Agama:
- Perhitungan arah kiblat
- Pembagian waris
- Perhitungan zakat
- Ilmu Alam & Fikih:
- Air suci mensucikan
- Pengaruh polusi pada air hujan
- Hubungan ilmu kimia dengan taharah
- Pengalaman Nyata:
- Perbedaan waktu antar negara untuk shalat
- Adaptasi dalam situasi baru
- Penerapan ilmu dalam konteks global
Ringkasan Pendekatan Pembelajaran
Aspek | Surface Learning | Achievement Learning | Deep Learning |
---|---|---|---|
Fokus Utama | Mengetahui fakta-fakta dasar | Mencapai nilai dan ranking tinggi | Memahami makna dan manfaat |
Proses Belajar | Menghafal dan mengingat | Fokus pada persiapan ujian | Eksplorasi aktif dan berpikir kritis |
Karakteristik | Pembelajaran di permukaan, deklaratif | Berorientasi hasil, examination driven | Mindful, meaningful, joyful |
Peran Guru | Memberikan informasi | Mempersiapkan untuk ujian | Membimbing eksplorasi dan penemuan |
Peran Murid | Penerima informasi pasif | Fokus pada pencapaian nilai | Pembelajar aktif dan kritis |
Hasil Pembelajaran | Pengetahuan dangkal, mudah lupa | Nilai baik, pemahaman terbatas | Pemahaman mendalam, adaptif |
Pendekatan Pembelajaran dan Konsep Pendidikan Islam
Perbandingan Pendekatan Pembelajaran
Aspek | Surface Learning | Achievement Learning | Deep Learning |
---|---|---|---|
Fokus Utama | Pembelajaran di permukaan, hanya untuk mengetahui | Pencapaian nilai dan ranking | Pembelajaran bermakna dan mendalam |
Karakteristik | • Pembelajaran dangkal • Berorientasi pada hafalan • Tidak memahami makna | • Orientasi pada hasil ujian • Examination driven • Mencari bocoran soal | • Mindful learning • Meaningful learning • Joyful learning |
Proses Belajar | • Menghafal fakta-fakta • Root learning • Tidak ada pemahaman mendalam | • Belajar untuk ujian • Mengerjakan soal-soal • Latihan ujian | • Eksplorasi aktif • Pemahaman makna • Berpikir kritis |
Peran Guru | Memberikan informasi dan fakta | Memberikan soal dan ujian | • Fasilitator • Pembimbing • Menghargai semua murid |
Peran Murid | Pasif, hanya menerima dan menghafal | Fokus pada nilai dan ranking | • Aktif terlibat • Menemukan makna • Mengkonstruksi pengetahuan |
Hasil Belajar | Declarative knowledge (pengetahuan tentang fakta) | Kemampuan mengerjakan soal ujian | • Ilmu bermanfaat • Kemampuan adaptasi • Pembelajaran berkelanjutan |
Konsep dalam Pendidikan Islam
Konsep | Penjelasan |
---|---|
Alilmu fis sudur | Ilmu tertanam dalam dada, bukan sekedar di buku |
Ilmu Bermanfaat | Ilmu yang dapat digunakan dan memberi manfaat |
Internalisasi | Proses pemahaman mendalam dan pengamalan |
Tradisi Pesantren | Pembelajaran mendalam dengan pemahaman makna |
Contoh Penerapan Deep Learning
Matematika & Agama | • Perhitungan arah kiblat • Pembagian waris • Perhitungan zakat |
Ilmu Alam & Fikih | • Air suci mensucikan • Pengaruh polusi pada air hujan • Hubungan ilmu kimia dengan taharah |
Pengalaman Nyata | • Perbedaan waktu antar negara untuk shalat • Adaptasi dalam situasi baru • Penerapan ilmu dalam konteks global |
No comments