Pendekatan Belajar Ada 3 Macam
Penjelasan Prof Mu'tie Tentang 3 Macam Pendekatan Belajar:
https://www.youtube.com/watch?v=3XC1j6RRqMg
Tabel Ringkasan Pendekatan Pembelajaran
1. Surface Learning
Aspek | Deskripsi |
---|---|
Fokus Utama | Pembelajaran di permukaan, hanya untuk mengetahui |
Karakteristik | - Pembelajaran dangkal - Berorientasi pada hafalan - Tidak memahami makna |
Proses Belajar | - Menghafal fakta-fakta - Root learning - Tidak ada pemahaman mendalam |
Peran Guru | Memberikan informasi dan fakta |
Peran Murid | Pasif, hanya menerima dan menghafal |
Hasil Belajar | Declarative knowledge (pengetahuan tentang fakta) |
2. Achievement Learning
Aspek Deskripsi Fokus Utama Pencapaian nilai dan ranking Karakteristik - Orientasi pada hasil ujian
- Examination driven
- Mencari bocoran soal Proses Belajar - Belajar untuk ujian
- Mengerjakan soal-soal
- Latihan ujian Peran Guru Memberikan soal dan ujian Peran Murid Fokus pada nilai dan ranking Hasil Belajar Kemampuan mengerjakan soal ujian
- Examination driven
- Mencari bocoran soal
- Mengerjakan soal-soal
- Latihan ujian
3. Deep Learning
Aspek Deskripsi Fokus Utama Pembelajaran bermakna dan mendalam Karakteristik - Mindful learning
- Meaningful learning
- Joyful learning Proses Belajar - Eksplorasi aktif
- Pemahaman makna
- Berpikir kritis Peran Guru - Fasilitator
- Pembimbing
- Menghargai semua murid Peran Murid - Aktif terlibat
- Menemukan makna
- Mengkonstruksi pengetahuan Hasil Belajar - Ilmu bermanfaat
- Kemampuan adaptasi
- Pembelajaran berkelanjutan
- Meaningful learning
- Joyful learning
- Pemahaman makna
- Berpikir kritis
- Pembimbing
- Menghargai semua murid
- Menemukan makna
- Mengkonstruksi pengetahuan
- Kemampuan adaptasi
- Pembelajaran berkelanjutan
Konsep dalam Pendidikan Islam
Konsep Penjelasan Alilmu fis sudur Ilmu tertanam dalam dada, bukan sekedar di buku Ilmu Bermanfaat Ilmu yang dapat digunakan dan memberi manfaat Internalisasi Proses pemahaman mendalam dan pengamalan Tradisi Pesantren Pembelajaran mendalam dengan pemahaman makna
Contoh Penerapan Deep Learning
- Matematika & Agama:
- Perhitungan arah kiblat
- Pembagian waris
- Perhitungan zakat
- Ilmu Alam & Fikih:
- Air suci mensucikan
- Pengaruh polusi pada air hujan
- Hubungan ilmu kimia dengan taharah
- Pengalaman Nyata:
- Perbedaan waktu antar negara untuk shalat
- Adaptasi dalam situasi baru
- Penerapan ilmu dalam konteks global
Ringkasan Pendekatan Pembelajaran
Aspek | Surface Learning | Achievement Learning | Deep Learning |
---|---|---|---|
Fokus Utama | Mengetahui fakta-fakta dasar | Mencapai nilai dan ranking tinggi | Memahami makna dan manfaat |
Proses Belajar | Menghafal dan mengingat | Fokus pada persiapan ujian | Eksplorasi aktif dan berpikir kritis |
Karakteristik | Pembelajaran di permukaan, deklaratif | Berorientasi hasil, examination driven | Mindful, meaningful, joyful |
Peran Guru | Memberikan informasi | Mempersiapkan untuk ujian | Membimbing eksplorasi dan penemuan |
Peran Murid | Penerima informasi pasif | Fokus pada pencapaian nilai | Pembelajar aktif dan kritis |
Hasil Pembelajaran | Pengetahuan dangkal, mudah lupa | Nilai baik, pemahaman terbatas | Pemahaman mendalam, adaptif |
Pendekatan Pembelajaran dan Konsep Pendidikan Islam
Perbandingan Pendekatan Pembelajaran
Aspek | Surface Learning | Achievement Learning | Deep Learning |
---|---|---|---|
Fokus Utama | Pembelajaran di permukaan, hanya untuk mengetahui | Pencapaian nilai dan ranking | Pembelajaran bermakna dan mendalam |
Karakteristik | • Pembelajaran dangkal • Berorientasi pada hafalan • Tidak memahami makna | • Orientasi pada hasil ujian • Examination driven • Mencari bocoran soal | • Mindful learning • Meaningful learning • Joyful learning |
Proses Belajar | • Menghafal fakta-fakta • Root learning • Tidak ada pemahaman mendalam | • Belajar untuk ujian • Mengerjakan soal-soal • Latihan ujian | • Eksplorasi aktif • Pemahaman makna • Berpikir kritis |
Peran Guru | Memberikan informasi dan fakta | Memberikan soal dan ujian | • Fasilitator • Pembimbing • Menghargai semua murid |
Peran Murid | Pasif, hanya menerima dan menghafal | Fokus pada nilai dan ranking | • Aktif terlibat • Menemukan makna • Mengkonstruksi pengetahuan |
Hasil Belajar | Declarative knowledge (pengetahuan tentang fakta) | Kemampuan mengerjakan soal ujian | • Ilmu bermanfaat • Kemampuan adaptasi • Pembelajaran berkelanjutan |
Konsep dalam Pendidikan Islam
Konsep | Penjelasan |
---|---|
Alilmu fis sudur | Ilmu tertanam dalam dada, bukan sekedar di buku |
Ilmu Bermanfaat | Ilmu yang dapat digunakan dan memberi manfaat |
Internalisasi | Proses pemahaman mendalam dan pengamalan |
Tradisi Pesantren | Pembelajaran mendalam dengan pemahaman makna |
Contoh Penerapan Deep Learning
Matematika & Agama | • Perhitungan arah kiblat • Pembagian waris • Perhitungan zakat |
Ilmu Alam & Fikih | • Air suci mensucikan • Pengaruh polusi pada air hujan • Hubungan ilmu kimia dengan taharah |
Pengalaman Nyata | • Perbedaan waktu antar negara untuk shalat • Adaptasi dalam situasi baru • Penerapan ilmu dalam konteks global |
Post Comment
No comments