Membuat Program Game Scratch dengan Cepat
Waktu | Langkah | Simbol/Block Scratch | Penjelasan Detail |
---|---|---|---|
00:00 - 00:30 | Pengenalan Project | - | Penjelasan tentang pembuatan game sederhana menggunakan Scratch untuk pemula, cocok untuk anak SD, SMP, SMA sebagai pengenalan programming. |
00:30 - 02:00 | Persiapan Sprite | - Delete Sprite (Kucing) - Add New Sprite (Apel) - Add New Sprite (Mangkok) | 1. Menghapus sprite kucing default 2. Menambahkan sprite apel sebagai objek yang jatuh 3. Menambahkan sprite mangkok sebagai penangkap 4. Mengatur ukuran apel menjadi 50% agar proporsional dengan mangkok |
02:00 - 04:00 | Pemrograman Mangkok | - When Green Flag Clicked - Forever - If Key Right Arrow Pressed - If Key Left Arrow Pressed - Move 10 Steps - Move -10 Steps | 1. Membuat kontrol gerakan mangkok menggunakan keyboard 2. Mangkok bergerak ke kanan saat tombol panah kanan ditekan 3. Mangkok bergerak ke kiri saat tombol panah kiri ditekan 4. Penggunaan loop Forever untuk mendeteksi input keyboard secara terus menerus |
04:00 - 06:00 | Pemrograman Apel | - When Green Flag Clicked - Forever - Change Y by -5 - Go to x:random(-180 to 180) y:147 | 1. Membuat apel jatuh dari atas ke bawah 2. Mengatur posisi awal apel di atas dengan koordinat y:147 3. Mengatur gerakan jatuh dengan change y by -5 4. Implementasi random position untuk posisi x agar apel jatuh di tempat berbeda |
06:00 - 08:00 | Sistem Scoring | - Make Variable "score" - Set Score to 0 - Change Score by 10 - If Touching Bowl - Play Sound "coin" | 1. Membuat variabel score untuk menyimpan nilai 2. Mengatur nilai awal score = 0 3. Menambah 10 poin setiap apel tertangkap 4. Menambahkan efek suara coin saat apel tertangkap 5. Menyembunyikan apel setelah tertangkap dengan Hide |
08:00 - 10:00 | Game Over System | - If Touching Edge - Switch Backdrop to "game over" - Stop All Scripts | 1. Mendeteksi ketika apel menyentuh bagian bawah layar 2. Mengganti backdrop menjadi "game over" 3. Menghentikan semua script dengan Stop All 4. Menampilkan skor akhir |
10:00 - 12:00 | Visual Enhancement | - Switch Backdrop - Set Backdrop to "Blue Sky" - Create Custom Backdrop | 1. Menambahkan background biru untuk tampilan lebih menarik 2. Membuat custom backdrop untuk tampilan game over 3. Mengatur posisi teks "Game Over" 4. Menyesuaikan ukuran dan posisi semua elemen |
Tujuan Pembelajaran:
- Memahami konsep dasar pemrograman melalui interface visual Scratch
- Belajar logika pemrograman sederhana (loop, kondisi, variabel)
- Mengenal sistem koordinat dalam game development
- Memahami konsep event handling (keyboard input)
- Belajar membuat sistem scoring sederhana
Alur Skenario Game:
- Pemain mengontrol mangkok di bagian bawah layar menggunakan tombol panah kiri dan kanan
- Apel jatuh dari atas secara random pada posisi x yang berbeda-beda
- Pemain harus menangkap apel dengan mangkok untuk mendapatkan poin
- Setiap apel yang tertangkap memberikan 10 poin
- Jika apel menyentuh bagian bawah layar (tidak tertangkap), permainan berakhir
- Skor akhir ditampilkan saat game over
No comments