Augmented Reality - AR Dengan WEB Aplikasi UniteAR.com Studio
Link WEB Aplikasi UniteAR.com Studio: https://app.unitear.com/unitear-editor2/
Langkah-Langkah Praktis Implementasi di UniteAR Studio
Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk membuat AR berbasis gambar (Image-Based AR):
| Langkah | Aksi | Keterangan Penting |
| 1. Akses & Login | Kunjungi unitear.com dan lakukan pendaftaran (Sign In) menggunakan akun Google. | Anda akan langsung masuk ke halaman dashboard gratis (trial). |
| 2. Mulai Proyek | Klik "Create New Experience." | Pilih jenis proyek Image-Based AR (disarankan memilih opsi yang menyertakan barcode untuk deteksi yang lebih baik [06:45]). |
| 3. Unggah Penanda | Klik "Browse" dan unggah Gambar Penanda (Image Target) yang sudah disiapkan. | Pastikan internet stabil saat mengunggah. |
| 4. Tambah Objek 3D | Di dalam editor, klik ikon 3D dan unggah file GLB Anda dari direktori komputer. | Atur posisi, skala (Scale), dan rotasi (Rotation) objek 3D agar sesuai dengan gambar penanda [08:49]. |
| 5. Tambah Konten Lain | Tambahkan elemen pendukung lain: Teks: Untuk memberikan nama atau deskripsi objek [09:39]. Audio: Unggah file MP3 (alat musik/suara) [11:37]. | Gunakan fitur tools di sisi kanan untuk menyesuaikan posisi elemen. |
| 6. Publikasi & Uji Coba | Klik "Publish" setelah semua objek dimasukkan. | Klik "Preview" untuk mendapatkan kode QR atau gambar penanda yang siap diuji coba [12:01]. |
| 7. Akses AR | Buka unitear.com di browser HP Anda, lalu klik "Scan Target". | Arahkan kamera HP ke Gambar Penanda yang sudah diunduh. Objek AR akan muncul dan dapat digeser atau diputar tanpa koding [17:10]. |
Catatan Tambahan:
No comments