Adobe Animate - Rigging Body (Bone Tool)
Adobe Animate - Rigging Body (Bone Tool)
Link Materi :
Bus Electric Listrik Surabaya: https://drive.google.com/drive/folders/1lXSzYvURITm2SnePXU0poDntaeMqFYZQ?usp=sharing
Kantong Tugas SMK WH :
https://drive.google.com/drive/folders/1gaHTq_iFfnZLkhIg5R3mxr8AtPyJdkJt?usp=sharing
Berikut adalah ringkasan rinci dan detail dari materi video "Adobe Animate - Rigging Body (Bone Tool)" yang menjelaskan langkah-langkah untuk membuat rigging karakter menggunakan Bone Tool.
Langkah Awal: Persiapan Aset
Impor dan Pisahkan Aset: Impor karakter yang akan di-rigging ke dalam Adobe Animate. Idealnya, gunakan file dari Adobe Illustrator. Pisahkan setiap bagian tubuh karakter (kepala, badan, lengan, kaki, dll.) ke dalam lapisan (layer) yang terpisah. Ini adalah langkah krusial agar setiap bagian bisa digerakkan secara independen.
Konversi ke Simbol Grafis: Setelah dipisahkan, ubah setiap bagian tubuh menjadi simbol grafis (Graphic Symbol). Anda bisa melakukannya dengan memilih setiap layer, lalu klik kanan dan pilih Convert to Symbol, atau dengan menekan
F8
. Beri nama yang sesuai untuk setiap simbol, seperti "kepala", "badan", "lengan atas", dan seterusnya.
Langkah Rigging dengan Bone Tool
Pilih Bone Tool: Pilih Bone Tool dari bilah alat (toolbar) di sebelah kiri. Ikonnya berbentuk tulang. Jika tidak terlihat, kemungkinan tersembunyi di bawah menu tiga titik (
...
).Mulai dari Pusat Karakter:
Mulailah membuat tulang dari titik pusat atau pangkal tubuh, seperti area panggul atau dasar tubuh. Klik dan tarik untuk membuat tulang pertama yang akan menjadi akar dari seluruh kerangka. [
]04:18 Dari ujung tulang pertama, klik dan tarik ke sendi berikutnya. Misalnya, dari panggul ke tulang punggung (area dada). [
]04:28
Hubungkan Anggota Tubuh:
Sesuaikan dan Uji Coba Rig:
Gunakan Selection Tool atau Free Transform Tool untuk menyesuaikan posisi dan rotasi setiap bagian tubuh. Pastikan sendi-sendi (pivot points) berada di posisi yang benar, seperti sendi bahu yang terhubung dengan baik ke lengan. [
]05:14 Anda dapat mengklik dan menarik titik-titik pivot (lingkaran di ujung tulang) untuk menyempurnakan posisi rig. [
]05:33 Uji coba rig dengan menggerakkan tulang-tulang untuk melihat apakah karakter bergerak sesuai yang diharapkan. Jika ada bagian yang aneh, Anda perlu menyesuaikan kembali penempatan tulang atau titik pivot simbol. [
]07:12
Langkah Animasi Karakter
Atur Keyframes: Pindahkan playhead di timeline ke frame baru dan sisipkan Keyframe baru. [
]07:38 Buat Gerakan:
Gunakan Selection Tool untuk memanipulasi tulang dan membuat pose karakter.
Terus tambahkan keyframes pada titik-titik berbeda di timeline dan sesuaikan pose karakter untuk menciptakan gerakan animasi.
Untuk membuat gerakan lebih halus, Anda bisa menambah keyframes atau mengatur waktu antar keyframes. [
]10:36
Langkah-langkah ini merupakan dasar-dasar untuk membuat rigging karakter menggunakan Bone Tool di Adobe Animate seperti yang ditunjukkan dalam video.
https://www.youtube.com/watch?v=k5v9McE7Ntc
No comments