Sepuluh Cara Kreatif untuk Menjaga Pelajar Anda Terlibat dalam Pembelajaran Anda
Sepuluh Cara Kreatif untuk Menjaga Pelajar Anda Terlibat dalam Pembelajaran Anda.
Disampaikan oleh:
Fajar Himawan
http://jurnalku.my.id
Dalam Bab Ini
Berkomunikasi dengan pelajar Anda
Memberi siswa Anda kepemilikan dan tanggung jawab
Meningkatkan pengalaman online melalui umpan balik, proyek kelompok, dan "pembicara" tamu
Menerapkan database dan pelajaran
Setiap orang yang terlibat dalam pendidikan dan pelatihan ingin pelajarnya memiliki pengalaman yang baik.
Tidak ada yang lebih memuaskan daripada melihat pelajar unggul dan menikmati Pembelajaran.
Nyatanya, itu sepadan dengan semua waktu yang Anda kerjakan untuk menyelesaikan dan menyampaikannya.
Jadi, apa yang dapat Anda lakukan di Moodle agar pelajar Anda terlibat aktif dalam Pembelajaran dan mendapatkan pengalaman yang baik?
Seperti yang bisa Anda bayangkan, Moodle menawarkan banyak cara.
Bab ini menyajikan sepuluh saran yang benar-benar berhasil.
Berkomunikasi dengan Pelajar Anda
Sebagai seorang pendidik atau instruktur, saya tidak perlu memberi tahu Anda betapa pentingnya komunikasi;
Namun, orang sering berasumsi bahwa karena Pembelajaran sedang online, instruktur tidak perlu terlibat langsung. Saya mohon untuk berbeda.
Pembelajaran online yang paling sukses adalah Pembelajaran di mana instruktur terlibat secara aktif dan mengenal pelajar mereka, meskipun itu hanya secara virtual.
Berikut beberapa saran:
Lengkapi profil Anda.
Lengkapi profil Anda dengan foto dan keahlian Anda, suka, tidak suka, dan sedikit tentang diri Anda sehingga pelajar Anda dapat mengenal Anda.
Bagaimanapun, Anda memberi tahu pelajar tentang diri Anda di awal setiap Pembelajaran atau sesi pelatihan tatap muka.
Juga, dorong (atau jadikan wajib) bagi pelajar untuk mempersonalisasi profil mereka.
Pastikan administrator sistem Anda tidak menonaktifkan kemampuan ini.
Secara default, semua akun pengguna Moodle dapat mempersonalisasi profil mereka.
Pertahankan jam kerja online. Gunakan ruang obrolan Moodle secara efektif, diikuti dengan diskusi forum.
Tanggapi pelajar Anda.
Izinkan pelajar untuk mengirim email atau memposting pesan, dan kemudian kembali ke mereka dengan cepat.
Posting pertanyaan bagus (dengan jawaban) ke forum Berita, yang didorong oleh Moodle untuk mengirim email ke semua peserta Pembelajaran.
Jika sesuai, berikan penghargaan kepada pelajar karena kecerdasannya; Anda mungkin hanya melihat lebih banyak aktivitas dan partisipasi forum, dan Anda tidak perlu menjawab pertanyaan serupa lagi.
Ngobrol dengan pelajar Anda.
Obrolan bagus untuk membuat diri Anda tersedia untuk mengurangi kepanikan ujian dengan mengadakan sesi sebelumnya.
Jawaban yang dihasilkan dapat diunduh dan digunakan untuk FAQ di masa mendatang - sumber yang bagus.
Blog (dan dorong pelajar Anda untuk menulis blog juga).
Banyak orang suka membuat blog tentang diri mereka sendiri atau sesuatu yang mereka sukai.
Blog dapat menjadi jurnal individu antara Anda dan pelajar Anda, atau tersedia untuk Pembelajaran atau situs.
Mereka dapat digunakan untuk mengoreksi tata bahasa sebagai bagian dari Pembelajaran bahasa Inggris atau Pembelajaran bahasa asing.
Blog dapat menjadi topik terkait dan populer karena kepemilikan yang mereka tunjukkan.
Berbicara. Kadang-kadang berbicara lebih berhasil jika Anda menghadapi situasi yang membutuhkan perhatian, dalam waktu yang jauh lebih singkat.
Jika Anda merasa perlu, jangan ragu untuk mengangkat telepon atau menggunakan W.A dengan pelajar. (Ingat W.A. gratis.)
Pelajar Anda akan menghargai komitmen Anda.
Gunakan Forum untuk Diskusi dan Kegiatan Terkait Kelas Lainnya
Anda akan melihat lebih banyak aktivitas jika Anda memulai forum dan memposting topik diskusi pertama.
Menambahkan masukan Anda ke diskusi juga berharga karena ini menunjukkan kepada pelajar bahwa Anda terlibat dan membaca posting mereka.
Jika pelajar menemukan balasan menarik dan berguna, mereka lebih cenderung terlibat dalam diskusi forum.
Anda dapat membuat forum sebagai tugas wajib sebagai bagian dari Pembelajaran dan menetapkan nilai, poin, atau skala.
Moodle mendorong nilai langsung ke buku kelas, yang memastikan partisipasi.
Siapkan pemimpin / pemantau forum, atau biarkan pelajar bergiliran dan berbagi tanggung jawab.
Anda dapat menyiapkan rubrik (seperangkat aturan untuk memberikan nilai untuk penilaian) dan memberi kemampuan kepada pelajar untuk menilai atau menilai postingan.
Daftar berikut merinci cara-cara lain yang Anda dapat menggunakan forum secara kreatif untuk membuat pelajar Anda tetap terlibat:
Debat:
Gunakan forum untuk mengatur debat di antara sekolah, organisasi, Pembelajaran, atau dalam Pembelajaran.
Bermain peran:
Siapkan forum di sekitar karakter dan gunakan karakter untuk bermain peran.
Anda dapat mengatur drama ruang sidang, skenario pemilihan, drama, atau latihan pembuatan keputusan sejarah utama.
Peserta didik kemudian harus mempelajari semua tentang karakter untuk dapat mengambil persona, menjawab pertanyaan, dan memperdebatkan masalah dari sudut pandangnya.
Bercerita: Minta peserta didik untuk mengambil karakter persona dan berkontribusi dalam diskusi menggunakan persona karakter.
FAQ: Forum dapat disiapkan sebagai FAQ atau diskusi tanya jawab di mana semua orang dapat menjawabnya.
Berikan umpan balik
Di awal Pembelajaran, beri tahu pelajar Anda bagaimana mereka akan dinilai dan kegiatan mana yang merupakan bagian dari penilaian. Melakukannya adalah praktik standar.
Tanggung jawab tak ternilai berikutnya adalah Anda memberikan umpan balik.
Anda dapat mengotomatiskan umpan balik Anda dalam modul Kuis dengan menambahkan umpan balik untuk setiap jawaban atau pertanyaan, atau umpan balik keseluruhan untuk kuis berdasarkan hasil.
Anda juga dapat menambahkan umpan balik ke tugas yang ditampilkan di buku nilai pelajar dan secara otomatis dikirimi email, beserta nilainya, saat Anda mempostingnya.
Anda juga dapat memberikan umpan balik untuk kontribusi forum dan untuk membuat dan berkontribusi pada sumber daya seperti wiki, glosarium, obrolan, dan sebagainya.
Memposting pesan singkat kepada pelajar untuk mengakui dan mendorong partisipasinya tidak menyita banyak waktu Anda.
Tetapkan Tanggung Jawab kepada Peserta Didik
Biarkan pelajar memantau diskusi forum, entri glosarium, entri basis data, mengunduh dan menandai sesi obrolan, memutuskan topik obrolan hebat mana yang diposting ke diskusi forum, atau memantau obrolan.
Izin dapat ditambahkan ke akun pengguna individu, atau Anda dapat mengatur pemimpin grup baru dengan kemampuan yang diaktifkan untuk menyetujui entri, sehingga Anda dapat merotasi siapa yang memakai topi.
Banyak aktivitas dapat diatur untuk meminta persetujuan pengiriman sebelum sesuatu ditambahkan, seperti glosarium, database, atau wiki.
Menempatkan pelajar yang bertanggung jawab untuk menyetujui entri dapat menciptakan faktor perasaan senang di antara pelajar Anda dan menghemat waktu Anda yang berharga untuk memastikan bahwa apa yang diposkan tidak sampah atau berbahaya.
Siapkan Grup Pelajar Proyek
Anda dapat menggunakan banyak aktivitas untuk proyek.
Anda mungkin berpikir bahwa pelajar yang mengambil Pembelajaran online kurang memiliki pengalaman kelompok dalam proyek.
Pikiran ini tidak sepenuhnya benar.
Proyek dapat diatur untuk grup, dan berbagai alat komunikasi di Moodle membantu anggota bekerja sama.
Dalam pengaturan ruang kelas tradisional, pelajar tidak sering bertemu setelah kelas.
Sebaliknya, mereka menggunakan media sosial saat ini untuk berkomunikasi, itulah yang dilakukan pelajar Moodle.
Dorong pelajar Anda untuk menggunakan wiki dalam proyek kelompok.
Wiki menyediakan sumber yang bagus untuk latihan curah pendapat untuk proyek.
Ekstensibilitasnya memungkinkan pelajar mengunggah sumber daya untuk mengevaluasi, menautkan ke Internet, dan mulai mengatur proyek.
Undang Tamu untuk Berpartisipasi dalam Pembelajaran
Membuat seseorang datang ke kelas Anda untuk berbicara dengan pelajar Anda tentang pekerjaan mereka atau untuk berbagi petualangan, keterampilan, dan keahlian bisa jadi sulit.
Nah, jauh lebih mudah mengundang tamu untuk berpartisipasi dalam aktivitas online serupa.
Jika formatnya tidak dalam waktu nyata (misalnya, obrolan dalam waktu nyata di mana tamu diambil dari pekerjaannya dan perlu berada di depan komputer pada waktu tertentu), tamu biasanya dengan senang hati menjawab pertanyaannya. kenyamanan.
Berikut ini beberapa saran tentang cara menyusun aktivitas ini:
Minta siswa memposting pertanyaan untuk tamu menggunakan forum:
Izinkan semua orang untuk menilai pertanyaan; kemudian, ambil sepuluh pertanyaan teratas dan kirimkan melalui email kepada tamu.
Ketika tamu mengirim email kembali ke jawaban, Anda dapat memposting jawaban ke forum Berita atau di halaman Web di halaman depan Pembelajaran.
Tetapkan peran VIP untuk tamu:
Buat peran VIP dan undang tamu Anda untuk berpartisipasi dalam diskusi forum.
Saya membahas peran dalam Bab 13.
Minta tamu untuk membagikan karyanya: Undang tamu, seperti seniman, penulis, atau seseorang yang memiliki artefak, untuk memposting karyanya di Pembelajaran Moodle.
Atau jika tamu tersebut memiliki situs Web, Anda dapat membuat halaman Web dan menautkan ke pekerjaan.
Hadiahi Peserta Anda Untuk Kontribusi
Membuat proyek keren menggunakan modul Moodle yang setiap Pembelajaran atau situs dapat mengambil manfaat dari atau memposting pencapaian individu di blog atau memposting saran ke forum adalah kegiatan populer untuk dilihat dan dihargai oleh pelajar.
Martin Dougiamas, pencipta asli Moodle, menyatakan bahwa dalam lingkungan kolaboratif sejati, orang-orang adalah guru dan pembelajar.
Mengapa tidak memberikan piala Moodle kepada pelajar Anda (atau setidaknya pengakuan dan ketenaran) karena telah menjadi Moodler yang hebat dan mempromosikan semangat kolaboratif?
Buat Tes Praktik
Tes latihan adalah alat yang hebat bagi pelajar untuk menguji pengetahuan mereka sebelum mereka harus dievaluasi secara formal.
Modul Quiz dapat diatur agar siswa mengikuti tes berulang kali hingga mereka mengetahui materi dan merasa yakin dengan materi pelajaran.
Modul Quiz juga dapat digunakan untuk akhir bagian membaca atau review bab, mendorong peserta didik untuk mengikuti Pembelajaran membaca.
Gali ke Database yang Menyenangkan
Modul aktivitas Database adalah sumber daya yang harus digunakan oleh semua instruktur dalam beberapa kapasitas - jika tidak ada yang lain selain mengajar peserta didik cara mengatur dan menggunakan database sederhana, keterampilan yang akan mereka temukan berguna dalam pekerjaan, pendidikan lebih lanjut, atau penggunaan pribadi mereka.
Berikut adalah beberapa ide untuk menggunakan modul ini untuk membuat pelajar tetap terlibat:
Informasi kontak:
Database dapat digunakan untuk rincian kontak atau portofolio pribadi pelajar, seperti karya seni, album foto, esai untuk masuk perguruan tinggi, resume, dan sebagainya.
Peserta didik dapat membuat database yang berisi Moodler lainnya, instruktur, kontak bisnis, informasi pekerjaan atau perguruan tinggi, keluarga, dan teman.
Memiliki semua kontak Anda terorganisir dan dapat diakses membuatnya mudah untuk mengatur pekerjaan proyek dengan Moodler lainnya.
Anda tidak perlu meninggalkan lingkungan Moodle untuk mengirim email, mengobrol, dan menggunakan perangkat lunak pihak ketiga lainnya.
Pekerjaan proyek:
Digunakan untuk mengumpulkan informasi untuk proyek grup dan kemudian mengatur info tersebut ke dalam kategori agar mudah diakses untuk penggunaan di masa mendatang.
Sebagai contoh:
Penyimpanan untuk proposal hibah:
Sejumlah besar pekerjaan dilakukan untuk mengumpulkan data dan sumber daya sebelum proposal sebenarnya dikirimkan.
Menggunakan database memungkinkan grup untuk bekerja secara kolaboratif, dari lokasi berbeda, dan menyimpan informasi dalam repositori terorganisir yang tersedia untuk proyek serupa di masa mendatang.
Tempat penyimpanan penelitian:
Proyek penelitian menghasilkan jumlah data yang luar biasa dan seringkali merupakan latihan kolaboratif, yang menjadikan modul ini ideal untuk kegiatan semacam itu.
Portofolio: Peserta didik dapat membuat portofolio pribadi untuk calon pemberi kerja atau untuk kantor penerimaan sekolah seni, universitas, atau jenis organisasi pelatihan lainnya.
Buat Kompetisi
Peserta didik suka berkompetisi, terutama jika ada imbalan di akhir kompetisi. Anda dapat mengatur persaingan antar pelajar atau membuat tim. Alat Grup sangat ideal untuk kompetisi semacam itu. Anda dan instruktur lain yang berbagi situs Moodle yang sama dapat bersaing di antara Pembelajaran. Wiki, database, glosarium, forum, kuis, dan tugas semuanya dapat menawarkan tantangan yang berat. Tinjau modul di setiap bab, kenakan topi wasit Anda, dan lihat seberapa kreatif Anda dapat menyiapkan aktivitas kompetitif untuk pelajar Anda.
No comments