Eksperimen Boneka Bobo di awal 1960-an
Eksperimen Boneka Bobo di awal 1960-an.
Dalam eksperimen ini, psikolog Kanada, Albert Bandura, meminta seorang guru untuk memukul boneka tiup berbentuk badut bernama Bobo.
Guru itu difilmkan saat dia memukul boneka Bobo dengan tongkat. Belakangan, anak-anak berusia sekitar lima tahun diminta untuk menonton film tentang guru yang memukul boneka Bobo dengan tongkat.
Kemudian, setiap anak dimasukkan ke dalam sebuah kamar sendiri dengan hanya membawa satu boneka bobo dan sebuah tongkat untuk ditemani.
Peneliti mengamati perilaku anak-anak di balik cermin satu arah dan mereka juga merekam apa yang terjadi.
Apa yang mereka temukan adalah bahwa anak-anak selalu mengambil tongkat itu dan kemudian menggunakannya untuk memukul boneka Bobo.
Hal yang menarik, anak-anak tampak menikmati pengalaman yang mencerahkan sekaligus mengganggu itu.
Anak-anak meniru apa yang mereka lihat dan mereka melakukannya dengan senang hati.
Pelajaran apa yang bisa kita dapatkan?
Berhati-hatilah dengan perilaku yang Anda contohkan secara tidak sadar.
Seseorang akan belajar dari Anda. Mereka akan meniru Anda, yang merupakan hal yang sangat baik atau berpotensi membahayakan.
Dalam ruang elearning, adalah hal yang sangat berharga untuk diingat saat Anda mencontohkan perilaku positif, yang kemudian akan ditiru. Pada saat yang sama, mengetahui bahwa orang akan meniru apa yang mereka anggap sedang dilakukan oleh figur otoritas dapat membantu Anda mengembangkan contoh dan juga mengenali dan menghargai perilaku yang Anda ingin orang lain tiru.
Penting untuk memastikan bahwa pembelajaran mencakup panduan yang baik dan model yang harus diikuti.
Pelajar tidak hanya akan meniru perilaku, mereka akan mulai merasa nyaman dengan prosesnya.
Dalam dunia e-learning, gagasan Bandura tentang perilaku emulatori merupakan landasan untuk belajar di Moodle, yang mengandung interaktivitas tingkat tinggi.
*Referensi dari ebook:*
*Moodle 3.x - Teaching Techniques - 3rd*
halaman 29
.......
You may be familiar with the Bobo Doll experiments of the early 1960s.
In this experiment, Canadian psychologist, Albert Bandura, asked a teacher to hit a life-sized clown-shaped blow-up doll named Bobo.
The teacher was filmed as she hit the Bobo doll with a stick.
Later, children around the age of five were required to watch the film of the teacher hitting the Bobo doll with a stick.
Then, each child was put in a room alone with only a Bobo doll and a stick for company.
Researchers observed the children's behavior behind a one-way mirror and they also filmed what transpired.
What they found was that the children invariably picked up the stick and then used it to hit the Bobo doll.
The interesting point is that the children seemed to enjoy the experience, which is illuminating and disturbing at the same time.
The children imitated what they saw and they did it with relish.
Lesson learned? Be careful about the behavior that you are unconsciously modeling. Someone will learn from you.
They will imitate you, which is either a very good thing or potentially harmful.
In the e-learning space, it's an invaluable thing to keep in mind as you model positive behavior, which will then be imitated.
At the same time, knowing that people will imitate what they perceive an authority figure to be doing can help you develop examples and also recognize and reward the behaviors that you'd like others to emulate.
Making sure that the courses include a good guide and a model to follow is important.
Not only will learners imitate the behaviors, they will start to feel comfortable with the processes.
In the e-learning world, Bandura's notion of emulatory behavior is a cornerstone to learning in Moodle, which contains a high level of interactivity.
No comments