LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) - DPIB MATERI VISUALISASI ANIMASI 3D RUMAH DENGAN SKETCHUP
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (DPIB)
dan Lembar REFLEKSI
DPIB (Desain Permodelan dan Informasi Bangunan)
Materi: VISUALISASI ANIMASI 3D RUMAH DENGAN SKETCHUP
Timer Alarm - StopWatch: https://vclock.com/timer
1. Link Video Materi :
A. https://www.youtube.com/watch?v=0eVvOSMEPTA
B. https://www.youtube.com/watch?v=kqzJ48FLhQ0
C. https://drive.google.com/drive/folders/16_4yBijgUYRmGMoVIWtkznP1pAZ1TSD4?usp=sharing
D. Contoh Visualisasi 3D Rumah Sederhana Dengan SketchUP :
Model Visualisasi 1 : https://www.youtube.com/watch?v=ixPzAyQh6bY
Model Visualisasi 2 : https://www.youtube.com/watch?v=lf5OsXXrCYA
Model Visualisasi 3 : https://www.youtube.com/watch?v=5_SaffPx_sk
2. Link Form Lembar Pengisian Refleksi: https://forms.gle/rPMz3cW4GJtwdWrr9
3. Link Contoh File 3D Rumah (File SKP SketchUp) :
https://drive.google.com/drive/folders/146XdB9W8IBuCcJnMPPgMKzfNjTcYaTL6?usp=sharing
4. Link Pengumpulan / KantongTugas:
https://drive.google.com/drive/folders/15hhkWFrg3IxqB57WWeHuClLc1i6JywXI?usp=sharing
5. Link Undian : https://wheelofnames.com/
(Kelompok 1, Kelompok 2, Kelompok 3, Kelompok 4)
6. Video Contoh Hasil Visualisasi 3D denga SketchUP:
https://drive.google.com/drive/folders/1AIvw8U5RYhiFKqkTD3W5fkK2TqqPe-T1?usp=drive_link
Metode : TPACK
TPACK adalah kerangka kerja yang menggabungkan tiga pengetahuan utama: Teknologi (Technology Knowledge), Pedagogi (Pedagogical Knowledge), dan Konten (Content Knowledge) untuk merancang pembelajaran yang efektif di era digital.
PRAKTIK TUGAS SISWA:
Tugas 1: Membuat Animasi Visualisasi dengan 5 Scene Tampak Banguan berbagai sisi dengan SketchUP
Tugas 2: Membuat Animasi Visualisasi dengan dengan tambahan 2 atau 3 Scene Tampak Potongan Banguan berbagai sisi dengan SketchUP
Berilah NAMA FILE yang dikumpulkan dengan Format :
TUGAS-1-NamaSiswa.skp
TUGAS-2-NamaSiswa.skp
Link Pengumpulan / KantongTugas:
https://drive.google.com/drive/folders/15hhkWFrg3IxqB57WWeHuClLc1i6JywXI?usp=sharing
Tugas 3: Mempresentasikan hasil perkelompok (1 kelompok = 5 siswa)
Link Undian : https://wheelofnames.com/
Tugas 4: Membuat Review dari tampilan Presentasi Semua Kelompok
Tugas 5: Penilaian Rekan Sejawat
Link Penilaian : https://forms.gle/sHQCjecJfcXpooQU8
Tugas 6: Pengisian Formulir Refleksi
Link Form Lembar Pengisian Refleksi: https://forms.gle/rPMz3cW4GJtwdWrr9
LAMPIRAN 1:
MATERI PEMBELAJARAN
A. PENGANTAR ANIMASI ARSITEKTUR SEDERHANA
●
Animasi Arsitektur adalah teknik
visualisasi yang menampilkan desain bangunan dalam bentuk gerakan kamera yang
berkelanjutan.
●
Fokus Tampilan: Eksterior (berbagai
sudut pandang luar) dan Section/Potongan (interior dengan memotong bangunan).
●
Penting karena: Klien lebih mudah
memahami, menampilkan berbagai angle
dalam satu presentasi, lebih profesional, dan tidak perlu software rendering rumit.
B. KONSEP DASAR
SCENE PADA SKETCHUP
● Scene adalah "snapshot" atau tangkapan dari posisi kamera dan pengaturan tampilan pada SketchUp pada waktu tertentu, berfungsi seperti slide dalam presentasi PowerPoint.
●
Elemen yang Disimpan: Posisi dan arah pandang
kamera, Field of View, Layer yang terlihat, Section Plane yang aktif, dan Style rendering.
●
Cara Kerja Animasi: SketchUp membuat
perpindahan yang smooth (mulus) dari
satu scene ke scene berikutnya, disebut "transition".
C. TAHAP 1:
ANIMASI EKSTERIOR (5 SCENE)
1.
Tampak Depan: Menampilkan fasad utama
(pintu utama, teras, carport); Posisi
Eye level
2.
Tampak Belakang: Menampilkan bagian
belakang (taman belakang, service area);
Posisi Eye level dari belakang.
3.
Tampak Samping Kiri: Menampilkan proporsi
panjang bangunan dan jendela samping; Posisi Eye level dari sisi kiri.
4.
Tampak Samping Kanan: Menampilkan sisi lain
bangunan; Posisi Eye level dari sisi
kanan.
5.
Bird View (Pandangan
Atas):
Menampilkan keseluruhan bentuk massa dan atap; Posisi Dari atas dengan sudut 30-60 derajat.
●
Langkah Detail: Atur posisi kamera
(Orbit, Zoom, Pan), klik tombol "+"
(Add) di panel Scenes, Rename
scene (cth: "01_Tampak_Depan").
●
Mengatur Transisi: Window > Model Info > Animation. Centang "Enable scene transitions" dan atur
Scene Transitions: 3 seconds.
●
Preview: View > Animation > Play.
D. TAHAP 2:
ANIMASI SECTION/POTONGAN (2 SCENE)
●
Keuntungan: Menampilkan interior
tanpa rendering kompleks, melihat
hubungan antar ruang, menunjukkan ketinggian plafon, lebih informatif.
●
2 Jenis Potongan:
1.
Potongan Memanjang: Memotong dari depan ke
belakang. Menampilkan urutan ruang (ruang tamu → dapur) dan alur sirkulasi
horizontal.
2.
Potongan Melintang: Memotong dari kiri ke
kanan. Menampilkan hubungan antar ruang samping dan struktur vertikal (tangga
ke lantai 2).
●
Langkah Detail: Tools > Section Plane. Klik pada bidang untuk menempatkan
Section Plane. Gunakan Move Tool (M)
untuk menggeser Section Plane ke posisi yang informatif. Atur kamera menghadap
panah Section Plane. Add Scene dan Rename (cth:
"06_Potongan_Memanjang"). Ulangi untuk Potongan Melintang.
●
Penyembunyian: Hide Section Plane yang tidak aktif agar bidang oranye tidak
terlihat di scene lain.
●
Preview Lengkap: View > Animation > Play untuk melihat keseluruhan 7 scene.
LAMPIRAN 2:
TUGAS PENGEMBANGAN
●
Deadline: Pertemuan berikutnya.
●
Deskripsi: Kembangkan animasi 7 scene dengan menambahkan 1 scene Detail Eksterior Close-up
(total 8 scene).
●
Scene 8 (TAMBAHAN): Pilih 1 elemen menarik
(pintu utama, ornamen, material dinding), buat close-up shot yang menunjukkan tekstur dan detail dengan jelas.
●
Spesifikasi Teknis: Total 8 scene, Transition time 3 detik, Format .skp.
●
NAMA FILE:
NamaAnda_Kelas_AnimasiRumah8Scene.skp.
BONUS CHALLENGE
(NILAI TAMBAHAN)
|
Challenge |
Poin |
Deskripsi |
|
Challenge 1: Style
Variation |
+5 poin |
Buat 1 scene dengan style
rendering berbeda (Misalnya: Scene 1-7 shaded, Scene 8 X-ray mode atau
Wireframe). Tunjukkan kreativitas dalam presentasi. |
|
Challenge 2: Shadow
Animation |
+5 poin |
Atur shadow dengan
waktu berbeda di beberapa scene
(Misalnya: Scene eksterior pagi, Scene section
siang, Scene detail sore). Menampilkan variasi pencahayaan. |
|
Challenge 3: Export
Video |
+10 poin |
Export animasi menjadi file video MP4. Resolution minimal:
1280×720. Submit video bersamaan dengan file .skp. |
LAMPIRAN 3:
FORM PENILAIAN TEMAN SEJAWAT (Peer Review Form)
Nama Reviewer: _________________
Nama yang Direview: _________________
Tanggal:
_________________
Instruksi: Tonton
animasi teman kalian dan berikan penilaian objektif.
|
Aspek |
Rating (1-5) |
Komentar |
|
Scene Eksterior (1-5) |
|
|
|
Kelengkapan 5 scene |
☐ 1 ☐ 2 ☐ 3 ☐ 4 ☐ 5 |
|
|
Variasi sudut pandang |
☐ 1 ☐ 2 ☐ 3 ☐ 4 ☐ 5 |
|
|
Komposisi kamera |
☐ 1 ☐ 2 ☐ 3 ☐ 4 ☐ 5 |
|
|
Scene Section (6-7) |
|
|
|
Kejelasan potongan |
☐ 1 ☐ 2 ☐ 3 ☐ 4 ☐ 5 |
|
|
Informatif (tampilkan interior) |
☐ 1 ☐ 2 ☐ 3 ☐ 4 ☐ 5 |
|
|
Technical Quality |
|
|
|
Smoothness transisi |
☐ 1 ☐ 2 ☐ 3 ☐ 4 ☐ 5 |
|
|
Timing yang tepat |
☐ 1 ☐ 2 ☐ 3 ☐ 4 ☐ 5 |
|
|
Overall Presentation |
|
|
|
Kreativitas |
☐ 1 ☐ 2 ☐ 3 ☐ 4 ☐ 5 |
|
|
Profesional presentation |
☐ 1 ☐ 2 ☐ 3 ☐ 4 ☐ 5 |
|
Kelebihan (Strengths):
Saran Perbaikan (Suggestions): (Contoh: "Scene 3 terlalu zoom in, coba
mundurkan sedikit" atau "Tingkatkan smoothness transisi ke Scene 6")
No comments