Kabar Terkini

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) - DPIB MATERI VISUALISASI ANIMASI 3D RUMAH DENGAN SKETCHUP

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (DPIB) 
dan Lembar REFLEKSI
DPIB (Desain Permodelan dan Informasi Bangunan) 
Materi: VISUALISASI ANIMASI 3D RUMAH DENGAN SKETCHUP



Timer Alarm - StopWatch: https://vclock.com/timer


1. Link Video Materi : 

A. https://www.youtube.com/watch?v=0eVvOSMEPTA

B. https://www.youtube.com/watch?v=kqzJ48FLhQ0



C. https://drive.google.com/drive/folders/16_4yBijgUYRmGMoVIWtkznP1pAZ1TSD4?usp=sharing

D. Contoh Visualisasi 3D Rumah Sederhana Dengan SketchUP :

Model Visualisasi 1 : https://www.youtube.com/watch?v=ixPzAyQh6bY

Model Visualisasi 2 : https://www.youtube.com/watch?v=lf5OsXXrCYA

Model Visualisasi 3 : https://www.youtube.com/watch?v=5_SaffPx_sk


2. Link Form Lembar Pengisian Refleksi: https://forms.gle/rPMz3cW4GJtwdWrr9


3. Link Contoh File 3D Rumah (File SKP SketchUp) : 
https://drive.google.com/drive/folders/146XdB9W8IBuCcJnMPPgMKzfNjTcYaTL6?usp=sharing


4. Link Pengumpulan / KantongTugas: 
https://drive.google.com/drive/folders/15hhkWFrg3IxqB57WWeHuClLc1i6JywXI?usp=sharing


5. Link Undian : https://wheelofnames.com/
(Kelompok 1, Kelompok 2, Kelompok 3, Kelompok 4) 


6. Video Contoh Hasil Visualisasi 3D denga SketchUP: 
https://drive.google.com/drive/folders/1AIvw8U5RYhiFKqkTD3W5fkK2TqqPe-T1?usp=drive_link


Metode : TPACK
TPACK adalah kerangka kerja yang menggabungkan tiga pengetahuan utama: Teknologi (Technology Knowledge), Pedagogi (Pedagogical Knowledge), dan Konten (Content Knowledge) untuk merancang pembelajaran yang efektif di era digital.



PRAKTIK TUGAS SISWA:

Tugas  1:  Membuat Animasi Visualisasi dengan 5 Scene Tampak Banguan berbagai sisi dengan SketchUP

Tugas  2:  
Membuat Animasi Visualisasi dengan dengan tambahan 2 atau 3 Scene Tampak Potongan Banguan berbagai sisi dengan SketchUP

Berilah NAMA FILE yang dikumpulkan dengan Format :
TUGAS-1-NamaSiswa.skp
TUGAS-2-NamaSiswa.skp

Link Pengumpulan / KantongTugas: 
https://drive.google.com/drive/folders/15hhkWFrg3IxqB57WWeHuClLc1i6JywXI?usp=sharing

Tugas  3:  Mempresentasikan hasil perkelompok (1 kelompok = 5 siswa)

Link Undian : https://wheelofnames.com/

Tugas  4:  Membuat Review dari tampilan Presentasi Semua Kelompok 

Tugas  5:  Penilaian Rekan Sejawat

Link Penilaian : https://forms.gle/sHQCjecJfcXpooQU8

Tugas  6:  Pengisian Formulir Refleksi 

Link Form Lembar Pengisian Refleksi: https://forms.gle/rPMz3cW4GJtwdWrr9


LAMPIRAN 1: MATERI PEMBELAJARAN

 

A. PENGANTAR ANIMASI ARSITEKTUR SEDERHANA

     Animasi Arsitektur adalah teknik visualisasi yang menampilkan desain bangunan dalam bentuk gerakan kamera yang berkelanjutan.

     Fokus Tampilan: Eksterior (berbagai sudut pandang luar) dan Section/Potongan (interior dengan memotong bangunan).

     Penting karena: Klien lebih mudah memahami, menampilkan berbagai angle dalam satu presentasi, lebih profesional, dan tidak perlu software rendering rumit.

 

B. KONSEP DASAR SCENE PADA SKETCHUP

      Scene adalah "snapshot" atau tangkapan dari posisi kamera dan pengaturan tampilan pada SketchUp pada waktu tertentu, berfungsi seperti slide dalam presentasi PowerPoint.

     Elemen yang Disimpan: Posisi dan arah pandang kamera, Field of View, Layer yang terlihat, Section Plane yang aktif, dan Style rendering.

     Cara Kerja Animasi: SketchUp membuat perpindahan yang smooth (mulus) dari satu scene ke scene berikutnya, disebut "transition".

 

C. TAHAP 1: ANIMASI EKSTERIOR (5 SCENE)

 Untuk menampilkan bangunan secara lengkap, diperlukan 5 sudut pandang:

1.    Tampak Depan: Menampilkan fasad utama (pintu utama, teras, carport); Posisi Eye level 

2.    Tampak Belakang: Menampilkan bagian belakang (taman belakang, service area); Posisi Eye level dari belakang.

3.    Tampak Samping Kiri: Menampilkan proporsi panjang bangunan dan jendela samping; Posisi Eye level dari sisi kiri.

4.    Tampak Samping Kanan: Menampilkan sisi lain bangunan; Posisi Eye level dari sisi kanan.

5.    Bird View (Pandangan Atas): Menampilkan keseluruhan bentuk massa dan atap; Posisi Dari atas dengan sudut 30-60 derajat.

     Langkah Detail: Atur posisi kamera (Orbit, Zoom, Pan), klik tombol "+" (Add) di panel Scenes, Rename scene (cth: "01_Tampak_Depan").

     Mengatur Transisi: Window > Model Info > Animation. Centang "Enable scene transitions" dan atur Scene Transitions: 3 seconds.

     Preview: View > Animation > Play.

 

D. TAHAP 2: ANIMASI SECTION/POTONGAN (2 SCENE)

      Section Plane berfungsi untuk "memotong" model 3D agar dapat melihat bagian dalam (interior) tanpa harus masuk atau menghapus dinding.

     Keuntungan: Menampilkan interior tanpa rendering kompleks, melihat hubungan antar ruang, menunjukkan ketinggian plafon, lebih informatif.

     2 Jenis Potongan:

1.    Potongan Memanjang: Memotong dari depan ke belakang. Menampilkan urutan ruang (ruang tamu → dapur) dan alur sirkulasi horizontal.

2.    Potongan Melintang: Memotong dari kiri ke kanan. Menampilkan hubungan antar ruang samping dan struktur vertikal (tangga ke lantai 2).

     Langkah Detail: Tools > Section Plane. Klik pada bidang untuk menempatkan Section Plane. Gunakan Move Tool (M) untuk menggeser Section Plane ke posisi yang informatif. Atur kamera menghadap panah Section Plane. Add Scene dan Rename (cth: "06_Potongan_Memanjang"). Ulangi untuk Potongan Melintang.

     Penyembunyian: Hide Section Plane yang tidak aktif agar bidang oranye tidak terlihat di scene lain.

     Preview Lengkap: View > Animation > Play untuk melihat keseluruhan 7 scene.




LAMPIRAN 2: TUGAS PENGEMBANGAN

 

 TUGAS RUMAH: ANIMASI 8 SCENE (PENGEMBANGAN)

 

     Deadline: Pertemuan berikutnya.

     Deskripsi: Kembangkan animasi 7 scene dengan menambahkan 1 scene Detail Eksterior Close-up (total 8 scene).

     Scene 8 (TAMBAHAN): Pilih 1 elemen menarik (pintu utama, ornamen, material dinding), buat close-up shot yang menunjukkan tekstur dan detail dengan jelas.

     Spesifikasi Teknis: Total 8 scene, Transition time 3 detik, Format .skp.

     NAMA FILE: NamaAnda_Kelas_AnimasiRumah8Scene.skp.

 

BONUS CHALLENGE (NILAI TAMBAHAN)

 

Challenge

Poin

Deskripsi

Challenge 1: Style Variation

+5 poin

Buat 1 scene dengan style rendering berbeda (Misalnya: Scene 1-7 shaded, Scene 8 X-ray mode atau Wireframe). Tunjukkan kreativitas dalam presentasi.

Challenge 2: Shadow Animation

+5 poin

Atur shadow dengan waktu berbeda di beberapa scene (Misalnya: Scene eksterior pagi, Scene section siang, Scene detail sore). Menampilkan variasi pencahayaan.

Challenge 3: Export Video

+10 poin

Export animasi menjadi file video MP4. Resolution minimal: 1280×720. Submit video bersamaan dengan file .skp.


LAMPIRAN 3: FORM PENILAIAN TEMAN SEJAWAT (Peer Review Form)

 

Nama Reviewer: _________________ 

Nama yang Direview: _________________ 

Tanggal: _________________

Instruksi: Tonton animasi teman kalian dan berikan penilaian objektif.

Aspek

Rating (1-5)

Komentar

Scene Eksterior (1-5)

 

 

Kelengkapan 5 scene

☐ 1 ☐ 2 ☐ 3 ☐ 4 ☐ 5

 

Variasi sudut pandang

☐ 1 ☐ 2 ☐ 3 ☐ 4 ☐ 5

 

Komposisi kamera

☐ 1 ☐ 2 ☐ 3 ☐ 4 ☐ 5

 

Scene Section (6-7)

 

 

Kejelasan potongan

☐ 1 ☐ 2 ☐ 3 ☐ 4 ☐ 5

 

Informatif (tampilkan interior)

☐ 1 ☐ 2 ☐ 3 ☐ 4 ☐ 5

 

Technical Quality

 

 

Smoothness transisi

☐ 1 ☐ 2 ☐ 3 ☐ 4 ☐ 5

 

Timing yang tepat

☐ 1 ☐ 2 ☐ 3 ☐ 4 ☐ 5

 

Overall Presentation

 

 

Kreativitas

☐ 1 ☐ 2 ☐ 3 ☐ 4 ☐ 5

 

Profesional presentation

☐ 1 ☐ 2 ☐ 3 ☐ 4 ☐ 5

 

Kelebihan (Strengths):

Saran Perbaikan (Suggestions): (Contoh: "Scene 3 terlalu zoom in, coba mundurkan sedikit" atau "Tingkatkan smoothness transisi ke Scene 6")


No comments

Featured Post

3 Second Timer - Online Timer - Countdown

Set timer for 3 Seconds. Wake me up in 3 Seconds. Set the alarm for 3 Seconds from now. It is a free and easy-to-use countdown timer. https:...