Kabar Terkini

Modul Materi 1 - Membuat Object di Adobe Animate

 



Kantong Tugas SMK WH :

https://drive.google.com/drive/folders/1gaHTq_iFfnZLkhIg5R3mxr8AtPyJdkJt?usp=sharing



https://www.youtube.com/watch?v=geWRnEW5Ybg


  • Pengenalan Alat Gambar Dasar:

    • Materi dimulai dengan pengenalan alat-alat dasar di sebelah kiri layar yang digunakan untuk membuat gambar, tulisan, dan lainnya [00:20].

    • Untuk objek dasar seperti lingkaran, segi empat, atau poligon, Anda bisa langsung mengkliknya [00:34].

  • Stroke dan Fill Color:

    • Dijelaskan mengenai stroke (garis luar) dan fill color (warna isian) [00:44].

    • Anda bisa membuat objek tanpa stroke dengan mengklik ikon stroke dan memilih opsi tanpa warna (biasanya ditandai dengan garis merah) [00:54].

    • Sebaliknya, Anda juga bisa membuat objek hanya dengan stroke tanpa fill color [000:01:17].

    • Ketebalan stroke dapat diatur melalui panel Properties [01:41].

  • Seleksi dan Penghapusan Objek:

    • Untuk menghapus objek, gunakan Selection Tool, blok objek yang ingin dihapus, lalu tekan Delete [02:00].

  • Perbedaan Stroke dan Fill di Animate vs. Illustrator:

    • Salah satu perbedaan utama dengan Illustrator adalah di Animate, stroke dan fill dianggap sebagai elemen terpisah [02:38].

    • Anda bisa memilih dan memindahkan fill saja tanpa stroke-nya, atau sebaliknya [02:48].

    • Untuk memindahkan keseluruhan objek (stroke dan fill), Anda harus menyeleksi keduanya [02:57].

  • Memotong dan Mengubah Warna Sebagian Objek:

    • Anda dapat menyeleksi sebagian dari objek dan memotongnya atau mengganti warnanya secara terpisah [03:20].

  • Interaksi Antar Objek:

    • Jika Anda membuat objek dengan warna yang sama dan menumpuknya pada layer yang sama, objek-objek tersebut akan menyatu [04:10].

    • Jika objek yang ditumpuk memiliki warna yang berbeda pada layer yang sama, objek yang di atas akan memotong objek yang di bawahnya [04:34].

  • Mencegah Objek Saling Memotong/Menyatu:

    • Ada dua cara untuk mencegah hal ini:

      1. Buat objek pada layer yang berbeda [04:57].

      2. Kelompokkan (group) objek tersebut, bahkan jika hanya satu objek. Caranya dengan memilih objek, lalu Modify > Group (atau Ctrl+G) [05:13].

  • Mengatur Urutan Objek (Arrange):

    • Jika objek sudah di-group dan tidak saling memotong, Anda bisa mengatur urutannya (mana yang di depan, mana yang di belakang).

    • Pilih objek, lalu Modify > Arrange. Pilihan yang tersedia antara lain Send to Back (paling belakang), Send Backward (mundur satu langkah), Bring to Front (paling depan), dan Bring Forward (maju satu langkah) [05:59].

  • Menggambar Garis:

    • Line Tool: Untuk membuat garis lurus [06:31]. Garis yang saling berpotongan dapat diputus. Klik pada segmen garis untuk memilih atau menghapusnya [07:04]. Untuk memilih seluruh garis yang terhubung, lakukan double-klik [07:15].

    • Paint Bucket Tool: Digunakan untuk mengisi area yang tertutup oleh garis dengan warna (fill) [07:26].

    • Pencil Tool: Untuk membuat garis bebas [06:31]. Kehalusan garis bisa diatur dengan opsi Smooth [08:03]. Area yang tertutup oleh goresan pensil juga bisa diisi warna [08:14].

    • Pen Tool: Fungsinya mirip dengan Pen Tool di Photoshop atau Illustrator, memungkinkan pembuatan garis dengan kurva yang presisi [06:31], [08:35]. Titik-titik pada path bisa diatur menggunakan Subselection Tool untuk memindahkan titik [09:19] atau alat lain untuk menambah, mengurangi, atau mengkonversi titik anchor [08:58].

  • Brush Tool:

    • Berbeda dengan Pencil Tool yang menghasilkan stroke, Brush Tool menghasilkan fill [09:40].

    • Jenis dan ukuran kuas bisa diatur. Ukuran juga bisa diubah dengan tombol kurung kurawal buka ([) untuk mengecilkan dan kurung kurawal tutup (]) untuk memperbesar [10:13].

    • Jika ingin menambahkan stroke pada hasil Brush Tool, gunakan Ink Bottle Tool [10:44].

Materi ini memberikan gambaran umum yang baik untuk memulai menggambar di Adobe Animate, terutama bagi mereka yang sudah familiar dengan software Adobe lainnya.





Latihan 2: Membuat Object Ikan di Adobe Animate




Materi ini merupakan kelanjutan dari materi sebelumnya yang membahas tentang aplikasi pembuatan animasi Adobe Animate. [00:30] Fokus utama materi kali ini adalah membuat objek sederhana menggunakan aplikasi tersebut, yang dinamakan "ikan ala-ala". [01:05]

Berikut adalah langkah-langkah detail yang dibahas dalam materi:

  1. Persiapan Awal:

    • Membuka aplikasi Adobe Animate. [01:49]

    • Menggunakan ukuran kanvas standar HD (1280 x 720). [02:01]

    • Menyesuaikan ukuran kanvas agar "fit in window" untuk kenyamanan kerja. [02:25]

  2. Pengaturan Layer:

    • Materi ini akan menggunakan 6 layer. [02:33]

    • Cara membuat layer baru adalah dengan mengklik ikon tambah layer atau klik kanan lalu "Insert layer". [02:52]

    • Setiap layer diberi nama spesifik:

      • Layer 6: Mata [03:18]

      • Layer 5: Badan [03:18]

      • Layer 4: Sirip Bawah Kiri [03:29]

      • Layer 3: Sirip Bawah Kanan [03:40]

      • Layer 2: Sirip Atas [03:57]

      • Layer 1: Ekor [04:32]

    • Cara mengubah nama layer adalah dengan double klik pada nama layer atau klik kanan lalu pilih "Properties". [04:06]

  3. Menyimpan Proyek:

    • Disarankan untuk menyimpan proyek di awal dengan menekan Ctrl + S atau melalui menu File > Save As. [05:09]

    • Nama file yang digunakan dalam contoh adalah "ikan ala-ala" dengan format default .fla. [05:25]

  4. Membuat Badan Ikan:

    • Bekerja pada layer "Badan". [04:51]

    • Menggunakan Oval Tool (bisa diakses dengan menekan Ctrl + O atau klik ikonnya). [05:55]

    • Stroke dinonaktifkan, dan fill color dipilih (dalam contoh warna tertentu). [06:03]

    • Membuat bentuk oval, bukan bulat sempurna. [06:21]

    • Menggunakan Pen Tool. Posisikan kursor hingga lambang bintang hilang, lalu klik sekali hingga muncul titik-titik. [06:56]

    • Double klik pada titik-titik tersebut untuk membentuk lekukan badan ikan. [07:13]

    • Menggunakan Selection Tool untuk mengatur posisi objek di kanvas. [07:35]

  5. Membuat Mata Ikan:

    • Bekerja pada layer "Mata". [08:28]

    • Menggunakan Oval Tool. [08:35]

    • Stroke dinonaktifkan, fill color dipilih warna putih. [08:44]

    • Membuat lingkaran sempurna dengan menekan dan tahan tombol Shift saat menggambar. [08:52]

  6. Membuat Sirip Bawah Kiri:

    • Bekerja pada layer "Sirip Bawah Kiri". [09:27]

    • Menggunakan PolyStar Tool. [09:33]

    • Stroke dinonaktifkan, fill color dipilih (warna berbeda untuk menonjolkan sirip). [09:41]

    • Pada "Tool Setting" di bagian "Options", pilih "Style: Polygon" dan "Number of sides: 3" (untuk membuat segitiga). [10:00]

    • Gambar segitiga. [10:16]

    • Gunakan Selection Tool untuk memindahkan objek. [10:26]

    • Gunakan Free Transform Tool untuk memutar objek. [10:35]

    • Masih menggunakan Free Transform Tool, dekatkan kursor ke sisi objek hingga muncul ikon lengkungan, lalu tarik untuk membuat lengkungan pada sirip. [11:17]

  7. Membuat Sirip Bawah Kanan:

    • Bekerja pada layer "Sirip Bawah Kanan". [11:52]

    • Prosesnya sama dengan membuat sirip bawah kiri, menggunakan PolyStar Tool, Selection Tool, dan Free Transform Tool untuk membentuk dan melengkungkan sirip. [12:02]

  8. Membuat Sirip Atas:

    • Bekerja pada layer "Sirip Atas". [13:40]

    • Prosesnya sama dengan membuat sirip lainnya, menggunakan PolyStar Tool untuk membuat segitiga, lalu Selection Tool dan Free Transform Tool untuk mengatur posisi dan membuat lengkungan. [13:40]

  9. Membuat Ekor Ikan:

    • Bekerja pada layer "Ekor". [14:36]

    • Menggunakan PolyStar Tool untuk membuat segitiga dengan bagian lancip menghadap ke arah tertentu. [14:36]

    • Gunakan Selection Tool untuk memposisikan ekor. [14:54]

    • Menggunakan Anchor Point Tool (bagian dari Pen Tool) untuk menambahkan titik di tengah bagian belakang segitiga. [15:08]

    • Menggunakan Subselection Tool untuk mengklik titik yang baru dibuat dan menariknya ke dalam untuk membentuk lekukan ekor. [15:24]

    • Menggunakan Convert Anchor Point Tool (bagian dari Pen Tool) pada titik-titik di ujung ekor, klik dan tarik untuk melengkungkan ujung ekor. [15:54]

  10. Finalisasi Posisi:

    • Menggunakan Selection Tool, blok semua bagian ikan yang telah dibuat. [16:29]

    • Posisikan gambar ikan di tengah-tengah kanvas. [16:38]

Materi ini menekankan bahwa ini adalah pembelajaran dasar untuk membuat objek sederhana dan belum masuk ke tahap animasi gerakan. [17:03] Penonton diajak untuk terus belajar dan menantikan selanjutnya mengenai pembuatan animasi. [17:32]


Download Materi Video: 

https://drive.google.com/drive/folders/1xipnnMXG_FXu9JXphY0yhGqB6HSdgzFZ?usp=sharing

No comments

Featured Post

Modul Materi 1 - Membuat Object di Adobe Animate

  Kantong Tugas SMK WH : https://drive.google.com/drive/folders/1gaHTq_iFfnZLkhIg5R3mxr8AtPyJdkJt?usp=sharing https://www.youtube.com/watch?...