Modul Materi 1 - Membuat Object di Adobe Animate
Kantong Tugas SMK WH :
https://drive.google.com/drive/folders/1gaHTq_iFfnZLkhIg5R3mxr8AtPyJdkJt?usp=sharing
https://www.youtube.com/watch?v=geWRnEW5Ybg
Pengenalan Alat Gambar Dasar:
Stroke dan Fill Color:
Dijelaskan mengenai
stroke
(garis luar) danfill color
(warna isian) [ ].00:44 Anda bisa membuat objek tanpa
stroke
dengan mengklik ikonstroke
dan memilih opsi tanpa warna (biasanya ditandai dengan garis merah) [ ].00:54 Sebaliknya, Anda juga bisa membuat objek hanya dengan
stroke
tanpafill color
[000:01:17].Ketebalan
stroke
dapat diatur melalui panelProperties
[ ].01:41
Seleksi dan Penghapusan Objek:
Untuk menghapus objek, gunakan
Selection Tool
, blok objek yang ingin dihapus, lalu tekanDelete
[ ].02:00
Perbedaan Stroke dan Fill di Animate vs. Illustrator:
Salah satu perbedaan utama dengan Illustrator adalah di Animate,
stroke
danfill
dianggap sebagai elemen terpisah [ ].02:38 Anda bisa memilih dan memindahkan
fill
saja tanpastroke
-nya, atau sebaliknya [ ].02:48 Untuk memindahkan keseluruhan objek (stroke dan fill), Anda harus menyeleksi keduanya [
].02:57
Memotong dan Mengubah Warna Sebagian Objek:
Anda dapat menyeleksi sebagian dari objek dan memotongnya atau mengganti warnanya secara terpisah [
].03:20
Interaksi Antar Objek:
Mencegah Objek Saling Memotong/Menyatu:
Mengatur Urutan Objek (Arrange):
Jika objek sudah di-group dan tidak saling memotong, Anda bisa mengatur urutannya (mana yang di depan, mana yang di belakang).
Pilih objek, lalu
Modify > Arrange
. Pilihan yang tersedia antara lainSend to Back
(paling belakang),Send Backward
(mundur satu langkah),Bring to Front
(paling depan), danBring Forward
(maju satu langkah) [ ].05:59
Menggambar Garis:
Line Tool: Untuk membuat garis lurus [
]. Garis yang saling berpotongan dapat diputus. Klik pada segmen garis untuk memilih atau menghapusnya [06:31 ]. Untuk memilih seluruh garis yang terhubung, lakukan double-klik [07:04 ].07:15 Paint Bucket Tool: Digunakan untuk mengisi area yang tertutup oleh garis dengan warna (
fill
) [ ].07:26 Pencil Tool: Untuk membuat garis bebas [
]. Kehalusan garis bisa diatur dengan opsi06:31 Smooth
[ ]. Area yang tertutup oleh goresan pensil juga bisa diisi warna [08:03 ].08:14 Pen Tool: Fungsinya mirip dengan Pen Tool di Photoshop atau Illustrator, memungkinkan pembuatan garis dengan kurva yang presisi [
], [06:31 ]. Titik-titik pada path bisa diatur menggunakan08:35 Subselection Tool
untuk memindahkan titik [ ] atau alat lain untuk menambah, mengurangi, atau mengkonversi titik anchor [09:19 ].08:58
Brush Tool:
Berbeda dengan
Pencil Tool
yang menghasilkanstroke
,Brush Tool
menghasilkanfill
[ ].09:40 Jenis dan ukuran kuas bisa diatur. Ukuran juga bisa diubah dengan tombol kurung kurawal buka (
[
) untuk mengecilkan dan kurung kurawal tutup (]
) untuk memperbesar [ ].10:13 Jika ingin menambahkan
stroke
pada hasilBrush Tool
, gunakanInk Bottle Tool
[ ].10:44
Materi ini memberikan gambaran umum yang baik untuk memulai menggambar di Adobe Animate, terutama bagi mereka yang sudah familiar dengan software Adobe lainnya.
Latihan 2: Membuat Object Ikan di Adobe Animate
Materi ini merupakan kelanjutan dari materi sebelumnya yang membahas tentang aplikasi pembuatan animasi Adobe Animate. [
Berikut adalah langkah-langkah detail yang dibahas dalam materi:
Persiapan Awal:
Pengaturan Layer:
Materi ini akan menggunakan 6 layer. [
]02:33 Cara membuat layer baru adalah dengan mengklik ikon tambah layer atau klik kanan lalu "Insert layer". [
]02:52 Setiap layer diberi nama spesifik:
Cara mengubah nama layer adalah dengan double klik pada nama layer atau klik kanan lalu pilih "Properties". [
]04:06
Menyimpan Proyek:
Membuat Badan Ikan:
Bekerja pada layer "Badan". [
]04:51 Menggunakan Oval Tool (bisa diakses dengan menekan
Ctrl + O
atau klik ikonnya). [ ]05:55 Stroke dinonaktifkan, dan fill color dipilih (dalam contoh warna tertentu). [
]06:03 Membuat bentuk oval, bukan bulat sempurna. [
]06:21 Menggunakan Pen Tool. Posisikan kursor hingga lambang bintang hilang, lalu klik sekali hingga muncul titik-titik. [
]06:56 Double klik pada titik-titik tersebut untuk membentuk lekukan badan ikan. [
]07:13 Menggunakan Selection Tool untuk mengatur posisi objek di kanvas. [
]07:35
Membuat Mata Ikan:
Membuat Sirip Bawah Kiri:
Bekerja pada layer "Sirip Bawah Kiri". [
]09:27 Menggunakan PolyStar Tool. [
]09:33 Stroke dinonaktifkan, fill color dipilih (warna berbeda untuk menonjolkan sirip). [
]09:41 Pada "Tool Setting" di bagian "Options", pilih "Style: Polygon" dan "Number of sides: 3" (untuk membuat segitiga). [
]10:00 Gambar segitiga. [
]10:16 Gunakan Selection Tool untuk memindahkan objek. [
]10:26 Gunakan Free Transform Tool untuk memutar objek. [
]10:35 Masih menggunakan Free Transform Tool, dekatkan kursor ke sisi objek hingga muncul ikon lengkungan, lalu tarik untuk membuat lengkungan pada sirip. [
]11:17
Membuat Sirip Bawah Kanan:
Membuat Sirip Atas:
Membuat Ekor Ikan:
Bekerja pada layer "Ekor". [
]14:36 Menggunakan PolyStar Tool untuk membuat segitiga dengan bagian lancip menghadap ke arah tertentu. [
]14:36 Gunakan Selection Tool untuk memposisikan ekor. [
]14:54 Menggunakan Anchor Point Tool (bagian dari Pen Tool) untuk menambahkan titik di tengah bagian belakang segitiga. [
]15:08 Menggunakan Subselection Tool untuk mengklik titik yang baru dibuat dan menariknya ke dalam untuk membentuk lekukan ekor. [
]15:24 Menggunakan Convert Anchor Point Tool (bagian dari Pen Tool) pada titik-titik di ujung ekor, klik dan tarik untuk melengkungkan ujung ekor. [
]15:54
Finalisasi Posisi:
Materi ini menekankan bahwa ini adalah pembelajaran dasar untuk membuat objek sederhana dan belum masuk ke tahap animasi gerakan. [
Download Materi Video:
https://drive.google.com/drive/folders/1xipnnMXG_FXu9JXphY0yhGqB6HSdgzFZ?usp=sharing
No comments